Cursor

Rabu, 03 Juni 2015

Teks Drama



Keputusan yang Tepat

Di sebuah desa yang yang terletak di daerah pegunungan yang bernama desa Suka Bakti tinggallah sepasang suami istri, mereka adalah pak Teguh dan bu Sumarni. Setelah 7 tahun berumah tangga mereka telah dikaruniai 2 orang anak, kebetulan bu Sumarni baru melahirkan anak yang kedua 8 bulan yang lalu. Suatu hari tidak seperti biasanya bu Sumarni mengeluh mual-mual pada pagi hari dan pusing, hal ini yang membuat bu Sumarni heran, karena keluhan tersebut hampir sama dengan keluhan saat dia hamil sebelumnya.

Bu Marni         : Cup cup cup bobok ya anak ibu yang paling manis (sambil menggendong anaknya yang masih bayi)
Tiba-tiba datang anaknya yang kedua
Putri                : Ibu, ibu,  kakak main tempat teman dulu yah, kakak bosan di rumah.
Bu Marni         : Iya, tapi hati-hati ya kak, gak boleh nakal yah, ntar kalo udah sore pulang ya, gak usah sampe ibu harus cariin kakak baru pulang loh.
Putri                : Iya bu, sini bu kakak cium dedek bayinya dulu.
Bu Marni         : Iya ini, pelan-pelan nyium nya kak (sambil mendekatkan gendongan ke putri)
Putri                : kaka pergi dulu ya bu.
Bu Marni         : Iya kak hati-hati
Setelah Putri pergi, tiba-tiba saja ibu mual-mual.
Bu Marni         : Uwek, uwek, pak, pak, kesini sebentar pak, perut ibu gak enak ne.
Pak Teguh       : Iya sebentar bapak kesana bu. Loh ada apa to bu, kok kayaknya serius banget.
Bu Marni         : Iniloh pak perut ibu kok mual-mual terus kalo pagi, terus biasanya ibu sering pusing-pusing juga.
Pak Teguh       : Palingan ibu masuk angin saja itu, sini biar bapak kerokin dulu.
Bu Marni         : Masak masuk tiap hari to pak? Uwek uwek pak pegang dulu ne anak kita, ibu mau ke belakang dulu.
Pak teguh        : Yowes sini-sini tak bawa nya dulu.
Bu Marni         : Ne pak (sambil memberikan gendongan ke bapak)
Kemudian bu Marni buru-buru pergi ke belakang sambil menahan mual muntah nya.
Pak teguh        : Walah-walah ayune anak bapak ini, tapi kok kalo dilihat-lihat kamu itu lebih mirip mantan bapak dulu ya dari pada ibumu hahah, tapi kamu diem-diem aja ya, jangan sampe ibumu tahu, kalau ibumu sampe tahu bisa bahaya bapak, bisa terjadi perang ketiga nanti hahah.
Bu Marni pun kembali dari belakang
Bu Marni         : Kenapa to pak, kok ibu perhatiin dari belakang tadi kok ketawa- ketawa sendiri gitu.
Pak Teguh       : Oh ini loh bu, bapak perhatikan anak kita ini ayu banget loh kayak ibu dulu.
Bu Marni         : Ah bapak ini tahu aja kalo ibu dulu cantik, ibu kan dulu kembang desa pak, satu kampung pada mau ngelamar ibu dulu, cuma ibu aja milih nya bapak hahah
Pak Teguh       : Hahaha ibu ini bisa saja, gimana udah baikan sekarang bu, emangnya ibu abis ngapain kok sampe mual muntah kayak gitu.
Bu Marni         : Gak tahu juga pak, takutnya ibu tu hamil lagi eh pak. Soalnya tanda-tandanya ne mirip ibu hamil kemaren pak.
Pak Teguh       : Ya udah mending ibu beli yang untuk tes kehamilan dulu, biar jelas bu, biar tidak menduga-menduga.
Bu Marni         : Iya pak, ibu tak beli dulu ya pak sebentar, jagain anak kita dulu ya pak.
Pak Teguh       : Iya pak.
Kemudian bu Marni pergi untuk membeli test pack di apotek terdekat, di jalan bu Marni bertemu dengan teman arisannya
Bu Sugeng      : Eh ada bu Marni, mau kemana bu Marni kok sepertinya buru-buru begitu?
Bu Sari            : Iya bu, mending ngumpul-ngumpul dulu sama kita, ya gosip-gosip dulu bu, ada gosip terbaru ini loh.
Bu Yola           : Iya bu Marni mending kesini dulu ngumpul-ngumpul dulu.
Bu Marni         : Maaf ibu-ibu saya ini lagi buru-buru mau ke apotik dulu mau beli test pack.
Bu Devi           : Loh beli test pack buat apa to bu?
Bu Sugeng      : Iya bu, masa iya bu Marni hamil lagi, bukannya kemaren baru melahirkan yah hehehe
Bu Sari            : Wah berarti pak Teguh lincah banget mainnya yah, baru kemarain jadi eh udah mau jadi lagi sekarang hahah
Bu Yola           : Iya ne pak teguh lincah banget, kalah tu bu Sugeng sama bu Marni heheh, bu Sugeng aja udah lama masih satu aja anak nya hahah
Bu Sugeng      : Iya ne bu Marni, bagi resep nya dong bu hahah
Bu Marni         : Alah ibu-ibu semua itu bisa aja, udah ah saya pergi dulu yah, ntar anak saya keburu bangun di rumah.
Bu Devi           : Iya bu hati-hati
Setelah itu bu Marni pergi untuk membeli test pack. Ketika bu Marni mau pulang bu marni bertemu dengan seseorang.
Bu Slamet       : Eh bu Marni, saya denger-denger ibu hamil lagi yah, gak salah tu ibu hamil lagi, emang nya uang buat bersalin nanti ada yah
Bu Trisno        : Iya bu, bukannya saya melarang atau ikut campur ya bu, tapi gak pantes aja gitu bu baru melahirkan kemarin sekarang udah hamil lagi, ntar biayain nya repot loh bu.
Bu Slamet       : Bener tu bu, apalagi kan pak Teguh kerjaan nya cuma buruh biasa aja, ntar kasian pak teguh nya harus kerja keras cari duit buat biaya bersalin nanti.
Bu Marni         : ini juga belum pasti kok bu saya hamil lagi apa egak, yaudah saya pergi dulu ya ibu-ibu takut anak saya udah bangun.
Bu Slamet       : Huh bu Marni tu gaya banget orang pas-pasan aja pengen nambah anak lagi, ntar kelabakan lagi nyari duit nya.
Bu Trisno        : Awas loh bu, ntar dia pinjem duit bu Slamet lagi.
Bu Slamet       : Ya saya gak mau lah bu, wong pinjaman yang kemaren aja belum lunas kok.
Bu Trisno        : Iya bu gak usah dipinjemin aja
Setelah tiba di rumah, bu Marni mengadu pada pak Teguh
Bu marni         : Pak, pak sini pak masa tadi ibu-ibu itu ngomongin kalo ibu tu gak pantes buat kalo hamil lagi, sakit banget pak, ibu tu gak bisa diginiin.
Pak Teguh       : Yaudah bu, mendingan skarang ibu tes aja dulu
Bu marni         : oh iya pak tadi alat tes nya abis, mending kita sekarang ke tempat bu bidan aja ya pak, untuk konsultasi.
Pak Teguh       : Oh iya ayo bu kita pergi sekarang
Kemudian bu Marni dan pak Teguh Pergi ke tempat bidan setempat, sesampainya di sana.
Bu Marni         : Assalamualaikum… selamat pagi bu bidan (sambil tersenyum cemas)
Pak Teguh       : (hanya tersenyum)
Bidan Santi     : Waalaikumsalam, selamat pagi juga bu Marni dan pak Teguh(tersenyum
ramah, sambil memperhatikan mimik wajah klien). Mari pak..bu.. silahkan duduk…
Bu Marni dan pak Teguh        : terimakasih bu bidan
Bidan Santi     : Wah ibu Marni terlihat semakin cantik ya , badanya juga sudah bagus dan
kurus kembali setelah 8 bulan kemarin melahirkan putri pertamanya!”
(sambil tersenyum ramah)
Bu Marni         : Bu bidan ini bisa saja(tersenyum malu)
Bidan Santi     : (tersenyum), apa ada yang bisa saya bantu bu Marni dan pak Suto? saya
perhatikan ketika pertama kali masuk bapak dan ibu terlihat cemas, apakah itu benar?”
Pak Teguh       : Iya bu bidan jadi begini bu.. istri saya ini telat menstruasi dua bulan, saya takut kalau istri saya hamil lagi, padahal anak saya yang pertama baru berumur 8 bulan dan melahirkan di sini juga kan bu? Ibu bidan pasti mungkin sudah tahu hal itu!”
Bu Marni         : Saya juga sering mual muntah di pagi hari bu.. sama seperti ketika saya hamil anak saya yang pertama, disini kami ingin memastikan apa benar saya ini hamil atau tidak!”
Bidan Santi     : “ jadi begitu ya pak.. bu.. baiklah kalau begitu saya akan melakukan tes kehamilan pada ibu, untuk itu saya membutuhkan air kencing ibu untuk dilakukan tes, apakah bapak dan ibu bersedia?” cara ini sama ketika ibu memeriksakan kehamilan ibu yang lalu!”(ucap bidan santi dengan nada yang sabar)
Pak Teguh dan bu Marni: “Iya bu bidan kami bersedia!”
Bidan santi      :”baik kalau begitu pak Teguh dan bu Marni! Sebelum itu ibu bisa kencing terlebih dahulu di kamar mandi sebelah sana(sambil menunjukkan arah) kencing di wadah ini ya bu Marni (memberikan wadah tempat air kencing kepada bu suto) setelah itu ibu marni kembali lagi kesini, pak Teguh bisa mengantarkan bu mARNI untuk ke kamar mandi!”
PakTeguh dan bu Marni          : iya bu bidan, kalau begitu kami permisi dulu!”
Bidan Santi     : iya silahkan pak.. bu..
Pak Teguh dan Bu Marni meninggalkan ruang pemeriksaan Bidan Santi menuju ke kamar mandi untuk mengambil specimen urin. Sambil menunggu Pak Teguh dan Bu Marni kembali ke ruang pemeriksaan, Bidan Santi meminta bantuan asisten bidan untuk mempersiapkan pemeriksaan urin Ibu Marni
Bidan Santi     : “Mira…  tolong kamu siapkan pemeriksaan urin bu Marni ya!”
Mira(Asbid)    : “iya Bidan Santi!”
Setelah 5 menit kemudian Pak Teguh dan Bu marni kembali ke ruang pemeriksaan dan memberikan urinya kepada Bidan Santi
Ibu Marni        :” ini bu bidan air kencing saya!”(sambil memberikan urinya)
Bidan Santi     :” iya bu.. sekarang ibu dan bapak tunggu sebentar ya..kira-kira 7 menit kami akan memberitahu hasilnya!”
Pak Teguh dan Bu Marni        : “iya bu bidan!”
Kemudian Bidan sarah dan asisten bidan memeriksa urin bu Marni dan setelah beberapa menit kemudian hasil menunjukkan Marni positive hamil. Segera bidan santi menghampiri bu Marni dan pak teguh
Bidan Santi     : “selamat ya pak Teguh ternyata ibu Marni positive hamil!”(sambil tersenyum    bahagia)
Bu Marni         : “walah pak…gimana ini pak? Ibu juga tidak tau kok bisa jadi begini!” bu bidan tolong kasih saya pil bu bidan, agar saya dapat menstruasi kembali bulan ini…anak saya masih kecil bu bidan masih butuh kasi sayang kami bu bidan, saya tidak tega kalau dengan adanya anak ini , anak saya yang kecil merasa terabaikan dan saya sama sami saya juga pekerjaan Cuma buruh biasa bu bidan..saya mohon bu bidan..(sambil memelas kepada bidan santi)
Pak Teguh       : “ iya bu bidan tolong kami bu bidan. Saya harap bu bidan mau memberikan pil itu kepada istri saya!”
Bidan Santi     : “ mohon maaf sebelumnya  pak teguh dan bu Marni.. saya tidak bisa  melakukan hal tersebut, karena saya akan berdosa, itu sama saja saya melakukan pembunuhan pada janin yang ada di dalam perut ibu Marni dan dalam profesi saya perbuatan ini dianggap sebagai perbuatan yang melanggar hukum.. jadi mohon maaf sekali saya tidak bisa membantu pak Teguh dan bu Marni untuk menggugurkan kandungan ibu Marni!”
Pak Teguh       :”lalu bagaimana ini bu bidan… apa yang harus kami lakukan?”
Bidan Santi     :” saya sangat menyarankan untuk pak teguh dan bu Marni untuk menjaga, merawat dan membesarkan janin ini, karena anak itu merupakan anugrah dan titipan dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita rawat. Apa bapak dan ibu tega membunuh calon anak bapak dan ibu sendiri?”
Bu Marni         :” lalu bagaimana dengan anak saya yang pertama bu bidan? Saya takut dengan saya hamil, saya tidak bisa merawatnya dengan baik apalagi saya juga masih memberikan ASI eksklusif pada anak saya!”
Bidan Santi     : “begini bu marni.. ibu jangan khawatir dengan ibu menjaga pola makan ibu dengan makan makanan yang bergizi selama hamil, ibu tetap bisa menjaga, merawat dan memberikan ASI eksklusif pada anak ibu. Untuk itu ibu saya anjurkan untuk terus memeiksakan kehamilan ibu marni secara rutin dan teratur agar saya bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan kondisi ibu dan janin ibu. Oleh karena itu juga ibu harus membatasi aktivitas ibu sehingga ibu lebih optimal dalam menjaga dan merawat anak putra ibu yang pertama dan janin ibu yang masih di dalam kandungan”! bagaimana pak Teguh dan bu Marni?”
Pak teguh dan Bu marni terlihat berdiskusi satu sama lain
Pak Teguh       : “menurut saya ,semua yang dikatakan bu bidan benar, kami sepakat untuk mempertahankan calon bayi kami ini bu bidan, terimakasih atas saranya bu!”
Bu Marni         : “iya bu bidan, hamper saja kami melakukan tindakan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh orang tua kepada anakmya” saya akan menuruti dan menjalankan nasihat dari bidan santi, dan akan terus memeriksakan kehamilan saya ini secara rutin seperti ketika saya hamil anak pertama saya dulu!”
Bidan Santi       :”Alhamdulillahirobbilalamiin..saya sangat senang mendengar hal ini, keputusan bu marni dan pak Teguh memang sangat tepat. “(sambil tersenyum bahagia)
Pak Teguh       : “ baiklah kalau begitu bu.. saya dan istri saya pamit terlebih dahulu karena saya harus bekerja lagi, terimakasih atas bantuan bu bidan hari ini!”
Bu Marni         : “ iya bu bidan saya juga sangat berterimakasih!” oh ya kira-kira kapan saya bisa datang kembalin kesini untuk memeriksakan kehamilan saya?”
Bidan Santi     :”iya pak teguh dan bu marni sama- sama. Ibu marni bisa datang kembali 2 minggu lagi jam 9 pagi ya bu?”
Bu Marni         :” iya bu bidan, kalau begitu kita pamit dahulu..mari bu bidan assalamualaikum!”(kemudian meninggalkan ruangan)
Bidan Santi     :” waalaikumsalam …!”

Setelah berkonsultasi dengan bidan santi akhirnya pak Teguh dan bu Marni menerima kehamilan nya, saran bidan sarah telah membuat mereka berubah pikiran untuk tetap mempertahan kan kehamilan dari bu Marni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar