Cursor

Rabu, 03 Juni 2015

Teks Drama



Dugaan yang Salah

Kicauan burung membuat pagi ini semakin segar dengan suasana alam yang masih kental menghiasi isi pedesaan dusun warna bakti.

Ambu : Abaaahhh... atuh ieu kumaha sapi belum dikasih makan?
Abah   : Naon atuh naon ambu? Kan ini sapi mah tadi udah abah kasih makan. Ambu saja atuh yang tidak liat
Ambu  : Mana atuh buktinya abah, dari tadi sapi nya masih bersuara gitu.
Abah   : Kumaha atuh ambu ini, sapi ya emang bersuara gitu, kalo tidak bersuara berarti sapi nya mati ambuu.
Ambu  : Masak sih bah, tapi suara sapinya beda gitu, kedengaran nya dia lapar abah.
Abah   : Ambu ini ada-ada saja, emangnya ambu teh ngerti bahasa sapi (sambil senyum melihat ambu)
Ambu  : Ya mana ambu ngerti abah, ambu hanya menduga-duga saja pake perasaan ambu (sambil senyum)
Abah   : Hahaha ambu ini ada-ada saja atuh. Ambu ini selalu saja tidak percaya sama abah, padahal abah selalu nurutin apa yang ambu mau, kan abah sayang pisan euy sama ambu (sambil menyenggol ambu)
Ambu  : Ah abah ini, pagi-pagi sudah merayu saja, malu atuh nanti diliat anak-anak kita (sambil tersipu malu)

Tiba-tiba terdengar suara teriakan dari dalam rumah

Anak 1            : Ambuu... Abah... itu perut si Sari sakit katanya. Ayo ambu abah buru atuh liatin si sari di kamarnya.
Ambu  : Eleuh... Eleuh eta abah buru. Kunaon si geulis.

Abu dan Abah berlari masuk ke kamar Sari

Sari      : Ambuuu... perut sari sakit sekali (sambil memegangi perut nya)
Ambu  : Aduhh neng kunaon atuh bisa sampe kayak gini, neng abis ngapain emang nya?
Sari      : Tidak tahu ambu, tiba-tiba saja perut neng  jadi sakit sekali.
Ambu  : Bentar yah neng ambu ke mamang sayur dulu, siapa tahu ada rempah-rempah yang bisa dijadiin obat buat eneng.
Abah   : Sok cepat sana ambu !

Dengan segera ambu keluar rumah untuk mencari tukang sayur.

Sitti     : Eh ada teh Widya sama teh Rina. Sok atuh dipilih sayurnya teteh-teteh. Ini sayurnya masih seger-seger abis metik dari sawah tadi pagi.
Rina     : Halah mana ada, wong sayuran nya udah layu-layu gini kok, mak unah ngapusi inyong bae.
Widya : Iya ini sayurannya udah pada layu-layu gini kok.
Sitti     : Ihh teh widya sama teh rina ini kumaha atuh, coba diliat bener –bener  atu teh, sayurannya masih seger-seger gini kok dibilang layu.
Rina     : haha iya mak unah, inyong becanda aja tadi.
Widya : eh eh sini dengerin, saya punya gosip terbaru, ter Hot deh dikampung ini. Pasti pada kaget semua dengernya.
Sitti     : gosip naon atu teh widya, saya jadi penasaran gini.
Widya : itu denger- denger kemarin ada cowok dari bali datang ke kampung kita, cakep pisan euy.
Rina     : loh bagus dong kalo gitu, siapa tahu dia mau sama saya hahaha
Widya : eh dengerin dulu atuh, denger-denger cowok bali itu pake susuk gitu, jadi setiap cewek yang deket- deket sama dia pasti nanti langsung sakit, kayak diguna-guna gitu.
Rina     : idih serem banget, gak jadi deh kalo gitu suka dengan dia.
Sitti     : ah yang benar atu teh widya, jangan buat gosip sembarangan atuh.
Widya : ih saya mah tidak buat gosip sembarangan atuh, kemarin anak pak kades sih Mira nganter cowok bali itu ke sawah malam nya langsung jatuh sakit, sakit nya juga tidak jelas kayak diguna-guna gitu.

Terlihat ambu dari kejauhan menghampiri tukang sayur dengan tergesa-gesa.

Ambu  : nuhun mak unah ada rempah-rempah tidak?
Sitti     : iya ini ambu banyak rempah-rempahnya. Buat apa ambu? Kok sepertinya ambu tergesa-gesa
Rina     : iya ambu, ada apa? Sepertinya ambu sedang panik.
Ambu  : iya ini si sari anak ambu sedang sakit. Jadinya ambu harus beli rempah-rempah buat obat untuk sari.
Sitti     : hmm emangnya si sari sakit apa ambu?
Ambu  : ambu juga tidak tahu, tapi sari bilang perut nya sakit sekali.
Widya : jangan-jangan sari kena guna-guna cowok bali itu ambu?
Ambu  : aihh guna-guna apa atuh? Ambu teh tidak percaya dengan hal-hal seperti itu.
Widya : ih kali ini ambu teh harus percaya, satu kampung juga udah pada tahu tentang guna-guna itu.

Tiba-tiba datang seorang perempuan ke tukang sayur

Irma     : permisi ibu-ibu, ada apa atuh kok ribut-ribut begini? Dari jauh sana sudah kedengaran suaranya.
Ambu  : ini anak ambu si sari sedang sakit. Kata neng widya teh kena guna-guna. Ambu jadi bingung ini.
Irma     : iya bener pasti si sari sudah kena guna-guna ambu. Kemarin anak saya juga sakit waktu dekat-dekat dengan cowok dari bali itu.
Widya : tuh kan ambu widya tidak bohong, si sari udah kena guna-guna.
Ambu  : iih serem banget, ambu takut terjadi sesutu dengan sari. Terus ambu harus gimana ini (dengan muka panik)
Irma     : mending ambu bawa aja sari ke dukun. Ini dukun nya bagus loh ambu. Kmaren anak saya abis berobat dari sana langsung sembuh.
Rina     : eh jangan ambu, mending sari di bawa kebidan desa saja, biar tahu penyakitnya apa?
Irma     : eh jangan ke bidan, mahal atuh biayanya, belum tentu juga si bidan nya tahu penyakitnya apa? Mending ke dukun saja ambu. Dijamin deh penyakit sari langsung sembuh.
Ambu  : hmm ya udah deh nantik si sari ambu bawa ke dukun saja.
Irma     : iya ambu cepetan sebelum terjadi apa-apa sama sari.

Dari kejauhan abah berteriak.

Abah   : ambuu cepetan atuh, malah mengobrol saja disana.
Ambu  : iyaa bah, ambu segera kesana. Punten nyak ditinggal dulu, saya mau obatin sari. Teteh mak unah saya utang ini dulu ya?
Sitti     : iya ambu, mudah-mudahan si sari cepet sembuh.

 Di dalam kamar sari

Sari      : ambuuu... mana obatnya? Perut sari sakit sekali ini (sambil merintih kesakitan)
Ambu  : sebentar nya geulis, disini mah susah warung jadi harus bikin obat dulu. (sembari kedepan)
Abah   : kamu kemarin habis apa? Kok tiba-tiba bisa sakit seperti ini.
Sari      : kemarin eneng ketemu cowok bali abah, cuma nganterin ke pak lurah.
Abah   : ambuu.. sini cepat!!
Ambu  : naon atuh meni rieuh.
Abah   : tahu cowok bali tidak? Abis deket dia si eneng teh jadi sakit.
Ambu  : oh itu yang kata ibu-ibu tadi. Bener ne mah guna-guna. Buru abah nanti malam bawa si eneng ke dukun.
Sari      : gak mau ah ambu gak mau eneng ke dukun. Eneng takut liat mbah dukun.
Abah   : jangan ngeyel kamu teh, ini biar kamu cepet sembuh. Mau kamu sakit seperti ini terus.
Ambu  : iya atuh neng, biar kamu cepet sembuh. Udah dua orang yang kaya gini.
Sari      : nanti kesana naik apa ambu? Sari gak mampu jalan.
Ambu  : pinjem gorobak sayur mak unah neng.

 Pada malam harinya ambu dan abah pergi ke rumah mak unah untuk meminjam gerobak.

Ambu  : assalamualaikum mak unah, mak unah permisi.
Sitti     : waalaikumsalam, eh ambu sama abah ada apa atuh malam-malam ke rumah?
Abah   : ini saya mau pinjam gerobak sayurnya mak unah buat bawa sari ke mbah dukun.
Sitti     : oh iya pake aja itu gerobaknya.
Ambu  : terima kasih mak unah udah mau pinjamin gerobak nya.
Sitti     : iya sama-sama ambu, saya kasihan liat sari teh belum sembuh juga. Semoga kalo udah dari mbah dukun si sari bisa cepat sembuh.
Abah   : iya mak unah. Ini gerobaknya langsung saya bawa aja ya.
Sitti     : iya dibawa aja.

Akhirnya mereka pergi ke tempat mbah dukun sambil membawa sari dengan gerobak sayur. Abah dan ambu jalan bantu sari naik gerobak sayur.
Di tengah perjalanan mereka bertemuu dengan cowok bali.

 Ambu : ayo abah cepetan bawa si neng nya.
C. bali  : permisi, kenapa ini, sepertinya sedang tergesa-gesa. Mungkin saya bisa membantu.
Ambu  : kamu ya coowok bali itu. Kamu teh ganteng pake susuk ya, jadi cewek- cewek yang dekat sama kamu jadi sakit semua.
Ibu       : maaf ibu, anak saya ini orang baik-baik, jadi tidak mungkin pake yang begituan. Mending anak ibu segera di bawa ke bidan desa saja, biar tahu penyakitnya apa?
Abah   : jangan dengerin dia ambu, ayo cepat kita bawa ke dukun saja.
Ambu  : iya abah ayo buru (sambil meninggalkan cowok bali itu)
Ibu       : sabar ya nak (mengelus punggung cowok bali). Mereka udah salah menilai kamu.
C. bali  : iya bu tidak apa-apa. Saya akan buktikan kalo penilaian mereka tentang saya itu salah.
Ibu       : ya udah kita ikutin mereka dari belakang saja. Ibu takut terjadi sesuatu sama mereka.
C. Bali : iya bu ayo.

Abah dan ambupun sampai di rumah dukun

Abah   : permisi mbah dukun saya ingin..
Dukun : sudah sudah jangan diteruskan, saya sudah tahu tujuan kalian kesini.
Ambu  : wih hebat pisan euy dukun nya ya bah, sudah tahu duluan tujuan kita kesini.
Abah   : iya ambu, sepertinya kita tidak salah bawa berobat eneng kesini.
Ambu  : tapi penampilannya kok seperti itu ya bah, ambu jadi tidak yakin.
Abah   : huss jangan gitu atu ambu, nanti dukun nya dengar.
Dukun : ehem, jadi bapak sama ibu masih meragukan saya. Dengar yah, saya ini dukuun sakti mandraguna, serba bisa, kemaren ada orang gila berobat dengan saya, hmmm tambah gila haha becanda sembuh langsung itu orang gila, tapi saya yang jadi sedikit gila hahaha
Ambu dan abah saling menatap geli dan heran melihat tingkah mbah dukun.

Dukun : mana yang sakit, sini biar saya obati
Ambu  : ini mbah anak saya yang sakit, sepertinya kena guna-guna.
Sari      : ambu abah eneng takut sama mbah dukun nya.
Abah   : eh jangan gitu atuh neng, ini semua biar kamu cepat sembuh.
Dukun : tenang saja jangan takut sama mbah, sini duduk dekat mbah biar mbah terawang dulu.

Sari duduk di dekat mbah dukun. Kemudian mbah dukun menerawang sari sambil membaca mantra dan menyemburkan air.

Dukun : mbuurrrr, ternyata benar anak ibu sama bapak sudah kena guna-guna. Oh ini ada anak tuyul yang ngikut di dalam perutnya, jadi perutnya sakit.
Sari      : heh (kaget), masa perut neng ada tuyul, serem banget atuh.
Ambu  : iya ini, masa bisa ada tuyul masuk ke perut anak saya mbah dukun (heran dan tidak percaya)
Dukun : iya, ini tuyul kiriman dari yang punya susuk. Jadi tuyul ini yang menyebabkan anak bapak sama ibu bisa sakit
Abah   : aihh meni serem pisan euy, terus apakah tuyulnya bisa dikeluarkan mbah dukun?
Dukun : bapak tenang saja, serahkan semuanya sama saya.

Kemudian dukun tersebut  menaburkan kembang tujuh rupa ke sari sambil komat kamit mulutnya terus disemburkan air komat kamit tersebut.

Sari      : aih mbah dukun, ini teh muka bukan tembok, main sembur- sembur aja, kan jadi basah atuh muka eneng.
Ambu  : huss eneng kamu teh tidak boleh sperti itu sama mbah dukun.
Dukun : maaf- maaf,tapi ini supaya tuyulnya bisa keluar.
Abah   : bagaimana mbah dukun, apakah tuyulnya sudah kelur.
Dukun : iya sudah pak, tuyulnya ini sakti-sakti, sampe saya ngos-ngosan ini ngeluarinnya.
Abah   : alhamdulillah kalo gitu mbah dukun, terima kasih nya udah sembuhin anak saya (sambil menyalami tangan mbah dukun)
Dukun : iya sama-sama pak (sambil senyum bangga)
Ambu  : kalo begitu kami nuhun pamit dulu nya mbah dukun (sambil beranjak meninggalkan mbah dukun)
Dukun : eh ehh ehh, tunggu sebentar atuh, bayaran untuk saya mana?
Ambu  : eh iya, kumaha ini kok bisa jadi lupa begini nya (sambil senyum malu), ayo abah itu kasih duitnya sama mbah dukun (sambil menyenggol abah)
Abah   : ini mbah(sambil menyerahkan duit kepada mbah dukun), maaf nya sangking seneng nya saya jadi lupa atuh hehe
Dukun : iya sudahh tidak apa-apa. Itu kewajiban saya buat ngingatin haha
Ambu : permisi mbah dukun kami pamit dulu
Dukun : itu orang mau saja saya bodoh-bodohin, tidak mungkin juga atuh ada tuyul bisa masuk keperut hahaha, ah sudahlah yang penting saya sekarang dapat duit hahaha

Kemudian abah, ambu dan sari pulang dari rumah mbah dukun. Tiba-tiba di tengah perjalanan sari mengeluh kesakitan lagi.

Sari      : aduuhh abah ambu, perut neng kok jadi tambah sakit gini, ambu tolongin eneng, sakit sekali ini perutnya (sambil meringkih kesakitan)
Ambu  : aduuhh kenapa bisa jadi tambah sakit si eneng abah (panik), kita harus bagaimana abah.
Abah   : tenang atuh ambu, jangan buat suasana jadi tambah panik. Neng kamu tahan nya mungkin ini reaksi dari obat mbah dukun tadi.
Sari      : tapi perut eneng sakit sekali abah (merintih kesakitan)

Kemudian cowok bali dan ibunya datang menghampiri mereka.

C. bali  : ayo bawa kebidan saja anak nya. Dia bukan kena guna-guna ini.
Ibu       : iya sini nak ibu bantu bawa kamu (sambil menggopoh sari)
Abah   : eh jangan atuh, nanti anak saya disuntik. Saya takut anak saya kenapa- kenapa jadinya.
C. bali  : percaya pak, anak bapak akan aman.
Ambu  : iya abah bawa saja eneng ke bidan, ambu takut si eneng malah semakin parah atuh.
Sari      : ambu abah, tapi eneng mauu nya di gopoh sama aa’ kasep ini hehe
Ambu  : eleuh.. neng.. neng. Lagi sakit saja masih sempat genit-genit.

Akhirnya mereka menurut dan membawa sari ke bidan desa.
Sesampainya di bidan desa.

C. bali  : permisi bu bidan.
Bidan  : iya silahkan masuk, ada yang bisa saya bantu.
Abah   : cantik euy bidan nya
Ambu  : ih abah jangan genit-genit atuh (mencubit pinggang abah)
Abah   : aduh ambu sakit
Ibu       : si eneng ini sakit bu bidan.
Bidan  : mari sini biar saya obati si eneng nya.
Ambu  : awas ibu jangan macem-macem dengan anak saya nya (muka judes)
Bidan  : tenang saja bu, anak ibu tidak saya apa-apain kok, saya cuma mau periksa anak ibu saja.
Ibu       : iya ambu, tenang saja serahin semuanya sama bu bidan.

Setelah beberapa lama diperiksa kemudian bu bidan dan eneng keluar.

Abah   : gimana bu bidan, anak saya sakit apa?
Bidan  : tenang saja pak, anak bapak tidak ada sakit apa-apa. Cuma ini gejala dismonore saja pak.
Sari      : apa itu disminore bu bidan?
Ambu  : iya atu bu bidan, penyakit jenis apalagi itu?
Bidan  : disminore itu sakit mau datang bulan saja ibu bapak. Tadi saya tanya si eneng ini sudah waktunya si eneng mau datang bulan juga. Jadi ibu bapak tidak perlu kuatir.
Ambu  : alhamdulillah kalo gitu
Bidan  : iya tadi si eneng juga udah saya kasih obat pereda nyerinya. Jadi semuanya akan baik-baik saja
Abah   : terima kasih nya bu bidan geulis(sambil memegangi tangan bu bidan)
Ambu  : eh abah udah tidak usah lama-lama atuh pegang nya (sambil melepaskan tangan abah)
Bidan  :iya bapak ibu. Lain kali kalau sakit periksa ya bu, walaupun di desa insyaallah pelayanan kami aman-aman saja.
Ambu  : iya bu bidan, maaf tadi saya judes sama bu bidan. Saya sudah salah menilai bu bidan.
Bidan  : iya ibu tidak apa-apa.
Sari      : ehem, aa’ kasep terima kasih banyak nya, udah bantuin eneng (sambil tersipu malu)
C. bali  : iya sama-sama neng. Saya juga seneng kok bisa bantuin eneng dan yang lainnya.
Sari      : ih makin kagum eneng sama aa’ kasep. Pengen dekat-dekat terus eneng sama aa’ kasep jadinya hehehe
Ambu  : eleuh eleuh si eneng ini genit saja, malu atuh sama ibunya si aa’ (sambil senyum menoleh ke ibu cowok bali)
Ibu       : tidak apa-apa ibu, namanya juga anak muda, kita kan dulu juga pernah muda seperti mereka

Semua orang yang ada disitu tertawa. Setelah kejadian itu warga dusun warna bakti jadi sering berobat ke bidan desa jika ada yang sakit. Kebiasaan berobat ke dukun pun lama kelamaan sudah mulia ditinggalkan.

Pemain :
Fitriya sebagai ambu
Elmi sebagai abah
Sari sebagai anak
Irma sebagai dukun dan ibu gosip
Rina sebagai ibu gosip dan ibu cowok bali
Widya sebagai ibu gosip dan cowok bali
Sitti sebagai tukang sayur
Devi sebagai narator dan bu bidan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar